Selasa, 04 Februari 2014

PENTINGNYA GIGI TIRUAN

Assalamualaikum wr wb........maha besar allah SWT yang telah  menciptakan tubuh manusia sedemikian rupa dengan sangat sempurna . Untuk itu pertama kalinya mari kita semua mensyukuri kesempurnaan fisik yang telah di berikan kepada kita semua.

Sobat semuanya, perlu di ingat bahwa tubuh kita ini terdiri dari anggota tubuh yang meliputi kepala,tangan,badan, dan kaki yang semuanya itu memiliki bagian anggota kecil lagi seperti mata, hidung, telinga, mulut, leher, jari tangan, jari kaki, dll.

Akan tetapi yang di share dalam blog kali ini adalah mengenai salah satu anggota tubuh yang terdapat di kepala yaitu mulut yang di dalamnya terdapat gigi sebagai penunjang utama fungsi dari anggota tubuh yang satu ini.

Sebagaimana kita ketahui gigi yang terdapat pada mulut kita berfungsi sebagai sarana/alat utama dalam proses pencernaan secara mekanik, artinya pada saat makanan masuk ke dalam mulut, ketika itu juga gigi di dalam mulut langsung melebur makanan sebelum pada proses pencernaan selanjutnya didalam lambung. 

Yang menjadi pertanyaan dibenak kita semua adalah kenapa makanan harus dikunyah dulu ? padahal di dalam lambung makanan akan dilebur/dicerna lagi. Jawabannya sangat sederhana, pencernaan di dalam lambung hanya menggunakan cairan asam lambung yang hanya bisa mencerna makanan bersifat lembut, oleh sebab itu
jika makanan yang masuk ke dalam lambung belum terkunyah dengan baik, akan berakibat memperberat kerja lambung yang bisa mengakibatkan berbagai gangguan pada lambung.

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa peran gigi sangat penting dalam proses pencernaan makanan. Kita tidak bisa membayangkan bagaimana jadinya kalau di dalam mulut tidak ada gigi, setiap orang pasti akan mengalami kehilangan gigi, baik karena faktor usia, penyakit, kecelakaan, dll. Kehilangan gigi karena usia udah lanjut dah biasa, tapi bagaimana kalo ini menimpa anak muda sekarang ? uwiiiih......jadi ribeeet dong, karena peran gigi bukan hanya sekedar berfungsi dalam proses pencernaan aja, di samping itu juga berpengaruh dalam hal estetika/penampilan.




 

Sobat bisa bayangkan kalau kita mengalami masalah gigi seperti gambar di atas, apalagi masih dalam usia muda he...he...he, walaupun kita ibarat ronaldo dan messi yang terkenal dan berwajah keren kalau giginya ompong akan selalu menjadi masalah yang sensitif pada saat menyapa fans nya dengan senyuman.

Jika ada di antara sobat yang mengalami masalah seperti gambar di atas, solusinya hanya satu yaitu dengan memasang gigi tiruan, tentu saja gigi tiruan yang di maksud adalah gigi tiruan yang sudah mempunyai standar kesehatan bukan yang asal-asalan, karena di luaran sana masih banyak pembuat gigi tiruan yang menawarkan jasa pembuatan gigi tiruan yang tidak memenuhi standar kesehatan.

Berbagai macam akibat yang bisa di timbulkan apabila kita memasang gigi tiruan tanpa standar kesehatan:
1. Timbulnya infeksi pada lidah serta jaringan lunak mulut karena pembuatannnya langsung di dalam mulut.
2. Timbulnya bau mulut yang luar biasa, meskipun dalam jarak agak jauh.
3. Ketidaknyamanan pada pemakai seperti permukaan yang kasar dan terasa penuh dalam mulut.
4. Estetika/tampilan kurang bagus, biasanya susunan gigi tiruannnya kurang rapi.





Waduh....ngeri !!! So...kalau kita mau pasang gigi tiruan yang sesuai dengan standar kesehatan di mana dong...?.

Kalau sobat hendak memasang gigi tiruan yang bagus dan sesuai standar kesehatan harus ke dokter gigi terdekat. Disana sobat akan di kasih penjelasan mengenai kasus gigi yang dialami, serta jenis gigi tiruan yang cocok untuk kasus gigi yang sobat alami. Perlu sobat ketahui, gigi tiruan macam-macam lho bentuknya... tergantung kasus yang dialami si pasien.

Jenis gigi tiruan :
1. FULL DENTURE/gigi tiruan penuh yaitu gigi tiruan pada kasus kehilangan semua gigi pada rahang.


2. PARTIAL DENTURE/gigi tiruan sebagian yaitu pada kasus kehilangan sebagian dari jumlah gigi yang ada, biasanya memakai kawat sebagai perlekatan dan ada juga yang tanpa kawat.



3. CROWN/gigi tiruan mahkota yaitu pada kasus gigi patah yang menyisakan sisa mahkota gigi.




Gambar di atas adalah sebagai bahan referensi buat sobat dalam memilih jenis gigi tiruan yang sobat butuhkan. Harganya pun bervariasi tergantung jenis bahan dan banyaknya gigi yang hilang, tetapi yang saya tampilkan di atas termasuk jenis gigi tiruan yang harganya terjangkau. Berapapun harganya nggak akan sebanding dengan manfaat yang kita peroleh dari gigi tiruan tersebut, benar nggak sob...??

Sekian dulu dari saya, salam blogger....


Tidak ada komentar:

Posting Komentar